www.TebingAktual.Com

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

KRIMINAL

3/INFO%20KRIMINAL/post-grid

POLITIK & HUKUM

1/INFO%20POLITIK%20%26%20HUKUM/big-col-left

Recent in Sports

Comments

EKONOMI

3/INFO%20EKONOMI/big-col-left

BERITA POPULER

Mitra Polri Bersama Grup TBH Dan JOB Perangi Hoax




                                     
      

Medan |Tebingaktual.com -Jurnalis yang tergabung di dalam Grup Turn Back Hoax (TBH) melaksanakan Coffee break menjalin kebersamaan dan sinergitas antar sesama jurnalis guna mengantisipasi berita HoaX yang dipimpin Ketua TBH Peter Panggaribuan.SE ,yang dilaksanakan di Cafe Pojok Menteng II nomor 285 Medan Denai,sekira pukul 20.00 wib


Komunitas Jurnalis yang tergabung di TBH juga membahas berbagai informasi berkembang di Sumatera Utara dan adapun Thema  yang diusung Deklarasi anti hoaks menyongsong Pemilu Rabu tanggal 17 April 2019 adalah "Bijak Gunakan Media Sosial dan Stop sebarkan berita bohong"

Selain dihadiri berbagai insan Pers juga turut dihadiri Kabid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan SH. MH, Kasubag Humas Polres Pelabuhan Belawan IPDA Khairil Amri, Dewan Pendiri Ikatan Wartawan Online (  IWO ) sekaligus menjabat Ketua Dewan Etik Roy Simamora, Jurnalis Online Bersatu, Kabag Humas  Polrestabes Medan Kompol Subroto, Perwakilan Masyarakat Ir. Roy Nainggolan, Tokoh Agama  Aidan Nazir Pangabean, Tokoh Masyarakat Drs. Awaludin Sibarani dan.suasana tampak membaur dan saling berbagi pengalaman.


Acara diawali oleh Protokol Peter Panggaribuan.SE dan di lanjutkan dengan sambutan dari salah satu Pimpinan Umum Media Online Intipos.com
Irwansyah mengatakan " Secara personality semua Informasi yang ada tempatnya menyaring itu ada di kita kondisi sekarang ini sangat hangat ada Khabar menjerumuskan yang dapat memecah belah bangsa filternya ada di kita dan kita juga semua bisa jadi wartawan,  sekarang ini Humas polri sudah bekerja sama yang baik dengan instansi terkait intinya kita filternya untuk berita hoax," Ucap Irwansyah.

Selanjutnya pandangan dari Tokoh Agama Aidan Nazir Panggabean dalam sambutannya  mengatakan " bahwa  bangsa dan negara ini sangat dikenal dengan sopan santun, tapi hari ini sudah mulai terkikis akibat berkembang pesat informasi yang belum tentu kebenarannya untuk itu marilah  menghindari berita hoaks, jurnalis pasti mampu menimalisir berita hoaks, saya berharap marila saling merekatkan diri antar sesama anak bangsa, selamatkan  bangsa dan  negara ini  dari berita hoaks," tegas Aidan Nazwir Panggabean 

Kemudian yang mewakili dari Jurnalis Online Bersatu (JOB) Medan Utara Wilmar Napitupulu mengatakan " Belawan merupakan barometer di Medan Utara dalam hal Pileg dan Pilpres dalam Pemilu karena banyak masyarakat yang kehidupannya Nelayan yang mudah terprovokasi oleh isu-isu miring dan berita Hoax dan untuk itu Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP H. Ikhwan Lubis SH. MH senantiasa menyampaikan pesan Kamtibmas melalui pertemuan antar lintas tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, tokoh adat agar jangan mudah terhasut oleh berita bohong, berita Hoax kita menolak berita hoax kami tidak pernah membuat berita bohong pemberitaan kita selalu yang positif," Tegas Wilmar.

Di saat yang sama sebagai tokoh masyarakat Drs Awaludin Sibarani menyampaikan pesan " mengantipasi terjadinya berita miring atau hoaks demi menghindari perpecahan sesama anak bangsa, Marilah menjaga rambu-rambu dan etika, jadilah Jurnalis yang mampu menyajikan berita yang positif dan membangun sebagai media pemersatu bangsa, " Imbuh Awaludin Sibarani. 

Kemudian penerangan masyarakat (Penmas) Polda Sumut AKBP MP Nainggolan SH. MH mewakili Kabid Humas Polda Sumatera Utara mengatakan "  Polri sebagai Promoter mampu cegah jika terjadi komplik sosial, Polda Sumut  tidak pernah membatasi kewenangan jurnalistik untuk mencari berita karena humas sudah menerapkan kriteria informasi publik," Ucap MP Nainggolan.

Lanjut Penmas Poldasu " Kami berharap sinergitas antara Polri dengan wartawan tetap terjalin harmonis dan kita pertahankan, untuk itu marilah kita saling mendukung demi terlaksana situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang pemilu 17 April 2019 mendatang," ujar MP Nainggolan 

Menurut AKBP MP Nainggolan menjelaskan "kendala untuk menyampaikan informasi yang belum layak dikonsumsi publik karena masih tahap penyelidikan.
"Ada beberapa informasi tahap lidik yang belum bisa disampaikan, maka berita yang bisa kami sampaikan adalah berita yang sudah tahap sidik untuk menghindari pencemaran nama baik seseorang.maka untuk kita tetaplah sinergitas, " Tegas AKBP MP Nainggolan.

Acara berakhir pukul 21.30 WIB dan di abadikan dengan photo bersama dengan seluruh wartawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan acara berjalan baik, aman penuh dengan keakraban,diakhiri dengan foto bersama.(Tim.JOC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *